Dwi Yulianti Penerima Beasiswa Bahasa di Finlandia

Dwi Yulianti Penerima Beasiswa Bahasa di Finlandia

Tidak pernah terbayangkan bahwa saya bisa pergi ke luar negeri sebelum saya berusia 20 tahun. Tetapi melalui kesempatan yang diberikan oleh Yayasan Prima Unggul dan juga Prof. John Meewella serta doa dan dukungan dari orangtua, saya bisa berangkat ke Finlandia untuk belajar bahasa inggris dan bahasa finlandia selama satu tahun.

Berada di lingkungan yang baru yang sangat berbeda dengan indonesia mengajarkan saya untuk bersosialisasi dengan banyak orang dari berbagai negara yang datang di Finlandia dengan beragam tujuan, ada yang belajar, bekerja atau mereka yang adalah imigran.         Dalam satu tahun ini saya berjuang untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan, baik dirumah, di tempat kursus bahasa dan juga di kampus. Karena selain belajar bahasa Finlandia, saya juga mendapat kesempatan untuk belajar beberapa mata kuliah di Universitas Oulu.

Sangat senang karena bisa merasakan suasana belajar yang berbeda dan baru di Finlandia. Belajar di universitas Oulu memberikan saya pengalaman baru dalam perkuliahan , banyak sistem yang berbeda yang diterapkan di kampus ini dengan kampus saya di Indonesia. Walau pada dasarnya mata kuliah dan cara dosen mengajar hampir sama, tetapi yang membedakan adalah dibagian disiplin dan fasilitas belajar.

Menyesuaikan diri bukan saja saya lakukan dengan orang-orang yang saya temui, tetapi juga dengan alam dan transportasi di sana, di Finlandia semua serba canggih, jika naik transportasi umum saya harus menggunakan kartu, penumpang antri dengan tertib dan bus akan memuat penumpang sesuai dengan kapasitas sehingga tidak berdesak-desakan. Namun kebanyakan orang menggunakan sepeda dan juga berjalan kaki.

Finlandia selain terkenal dengan pendidikan terbaik di dunia, namun juga bisa menjadi contoh dalam dunia transportasi yang aman dan tertib, meskipun jalanan lenga tetapi jika lampu merah kendaran akan tetap sabar menunggu hingga lampu hijau, orang-orang juga akan menyebrang pada tempat yang sudah ditentukan, hal ini memberikan pelajaran yaitu perlunya tingkat kesadaran dalam setiap peraturan yang dijalankan. Satu hal yang saya kagumi lagi adalah tingkat keamanan Negara ini, orang-orang akan menitipkan sepeda mereka disepanjang jalan, tatapi bisa dikatakan tidak akan ada kehilangan.

Puji Tuhan dalam beberapa bulan saya bisa beradaptasi dan lebih lancar dalam berbahasa inggris dan bisa mengerti bahasa finland, tentu proses belajar saya tidak terlepas dari dukungan Pak Martin dan Ibu Debby serta teman-teman YPU dari Jakarta, keluarga saya terutama Ibu saya serta keluarga Prof. John, Maria dan anak-anak mereka yang setiap hari sabar berkomunikasi dengan saya.

Satu tahun belajar di Finlandia banyak hal yang sudah saya pelajari yang sangat berguna dalam pengembangan diri saya. Pelajaran-pelajaran berharga yang saya dapat di sini tentu tidak akan berhenti dalam diri saya, saya juga akan membagikan kepada adik-adik saya di YPU ketika saya kembali dan teman-teman saya di kampus. Rasanya satu tahun belum cukup untuk belajar di Finlandia, saya termotivasi untuk kembali melanjutkan S2 saya nanti di Finlandia.  Semoga impian saya ini bisa terwujud dan dengan kerendahan hati saya akan memperjuangkan impian saya tersebut.

 

Terima kasih YPU, Pak Martin-Ibu Debby, Prof. John dan Maria atas kesempatan luar biasa yang diberikan kepada saya selama ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *