GEBYAR BUDAYA NUSANTARA 17

GEBYAR BUDAYA NUSANTARA 17

Kebudayaan nasional yang berdasarkan pancasila adalah perwujudan cipta,karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap kehidupan bangsa. Dengan demikian pembangunan nasional merupakan pembangunan yang berbudaya. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan alam dan budaya. Terdiri dari 117.504 pulau, 1.001 bahasa daerah, 300 kelompok etnik dan 1.340 suku bangsa membuat Indonesia menjadi salah negara yang penuh dengan perbedaan namun tetap satu bak semboyan kita bangsa Indonesia BHINEKA TUNGGAL IKA “ Berbeda-beda namun tetap satu.” Seiring dengan perkembangan zaman, lagu, tarian, permainan dan cerita rakyat nusantara perlahan terlupakan. Banyak generasi muda yang berusaha untuk mengembangkan kebudayaan bangsa dengan berbagai cara namun tidak sedikt pula yang tidak menghiraukannya.

Marilah kita bersama-sama melakukan perubahan, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Kita adalah generasi muda generasi penerus bangsa dan jika bukan kita yang akan meneruskan dan mengembangkan kebudayaan ini, maka siapakah yang harus kita tunggu? dan jika bukan sekarang maka harus kapan lagi?

Yayasan Prima Unggul (YPU) berkolaborasi bersama Sanggar Prathivi Building telah memulai dengan mengadakan Kegiatan yang bertemakan Budaya Nusantara yang diadakan setiap tanggal 17 untuk memperkenalkan budaya (tarian, lagu, makanan, pakaian adat dan cinderamata ) nusantara.

Mari bersama-sama kita menjadi agen perubahan, mendalami kebudayaan bangsa dan mengembangkan Kita Bhnineka, kita Indonesia.

Add your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *