Pendidikan tidak mengenal usia

img_0372

Aty tampil di acara Arah Dasar Pastoral KAJ

       Yayasan Prima Unggul memberikan kesempatan melanjutkan  pendidikan  SMP, bagi  Maria Marianti Ngura empat tahun lalu, ketika usianya 20 tahun. Aty demikian ia disapa, saat itu telah lima tahun berhenti sekolah dan telah menjadi karyawan di sebuah pastoran di daerah asalnya Ende, NTT. bagi Aty, pendidikan adalah hal yang mahal, mengingat kondisi ekonomi keluarganya yang hanya bertumpu pada penghasilan tenun tradisional yang digeluti oleh Ibunya. Hal itulah yang membuat Aty memutuskan untuk berhenti sekolah, dan membantu  orang tua untuk menyekolahkan tiga orang adik. Jauh di dalam hatinya, ia sangat merindukan sekolah walaupun umurnya sudah terbilang dewasa.

   Melalui Romo Yos, (pimpinan gereja) tempat Aty bekerja, Aty mendapat  informasi mengenai Yayasan Prima Unggul yang membantu anak-anak panti asuhan dan anak-anak dari keluarga sederhana untuk bisa melanjutkan sekolah. Program pendidikan yang diajalankan oleh YPU, juga bukan hanya memberikan pendidikan secara kognitif, tetapi juga memberikan pendidikan karakter dan kewirausahaan, dengan tujuan, ketika siswa lulus, setiap siswa memiliki karakter yang baik, mandiri dan bisa berdampak bagi orang lain, terutama daerahnya.

        “Saya tidak mungkin bisa sekolah lagi Romo, usia saya saja sudah 2o tahun. Tetapi saya akan mencoba tantangan dari Romo untuk melanjutkan sekolah di YPU”, kalimat singkat itulah jawaban Aty ketika ditawarkan oleh Romo Yos untuk sekolah di YPU. Sekarang Aty telah lulus SMP dengan mengikuti jalur ujian paket C, dan melanjutkan pendidikan tingkat SMA dan sekarang duduk di bangku kelas XII. Dengan segala perjuangan jatuh bangun, Aty berhasil membuktikan bahwa pendidikan tidak mengenal usia.  Sekarang Aty mendapat tanggung jawab menjadi koordinator unit usaha snack dan catering YPU.  Melalui bakat yang dikembangkan sekarang, semoga Aty bisa mandiri dan berdampak ketika lulus dari YPU.

Add your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *