Siapakah Yayasan Prima Unggul

Siapakah Yayasan Prima Unggul

Yayasan Prima Unggul merupakan sekolah yang menerapkan kurikulum nasional dan kurikulum berbasis kewirausahaan. Kurikulum berbasis Kewirausahaan yang diterapkan bertujuan untuk pembentukan karakter siswa serta memperdalam bakat yang ada pada diri masing-masing Siswa. Pendidikan Kewirausahaan yang dieterapkan tidak hanya berupa teori melainkan terjun langsung dalam pengelolaan unit usaha.

Pola asuh yang memerdekakan dan pola asah yang inovatif berbasis kewirausahaan ini menghantar para siswa-siswi Yayasan Prima Unggul pada aksi yang produktif di sajikan melalui unit usaha: Catering, beragam Snack, minuman Dawet Ireng, Pertanian Organik dan Hydroponik, Paduan Suara dan Drama Musikal, Training Center Entrepreneurship (Tce), serta Optik.

Dalam pengelolaan unit usaha ini, siswa-siswi YPU menekuni bidang usaha yang menjadi fasion masing-masing. Keterlibatan siswa pun sangat dituntut penuh dalam program ini. Hasil yang spektakuler terutama dalam mengubah mental dari anak panti asuhan yang hanya tergantung, pasrah, pasif dengan filosofi tangan dibawah berubah menjadi anak panti asuhan yang mandiri, pejuang, aktif, kreatif untuk berproses menjadi tangan diatas atau berdampak.

Keahlian masing-masing anak di latih melalui kesempatan magang dan pelatihan yang diberikan oleh para mitra di berbagai tempat. Berbagai proses magang dan pelatihan yang dialami, akan langsung di bagikan kepada siswa lain dan mempraktekan dalam unit usaha masing-masing. Setiap siswa di berikan tanggungjawab mulai dari Koordinator unit usaha, pengelolaan keuangan,Produksi, pemasaran dan penjualan dan beberapa bagian lainnya.

Menariknya, hal utama yang di capai dalam kegiatan kewirausahaan  siswa-siswi YPU adalah PROSES. Yang artinya bukan berapa uang yang didapat  melainkan 3 hal penting ini:

  1. Merontokkkan rasa gengsi

Setiap anak muda diera saat ini tentunya sangat malu ketiika disuruh untuk berjualan. Apalagi harus keliling kompleks dan menawarkan dagangan dari pintu ke pintu.

  1. Melatih komunikasi

Proses ini akan membantu siswa dalam melatih komunikasi dengan penataan yang baik dan benar. Tak hanya itu akan membantu dan melatih untuk berani berbicara didepan umum.

  1. Refleksi

Langkah terakhir yang dapat di peroleh adalah mengolalah perasaan baik ketika ditolak maupun di terima saat menawarkan barang atau jasa. Serta berusaha menemukan nilai-nilai positif dalam setiap kejadian yang kemudian dibagikan kepada teman lainnya.

Proses  pendelegasian pun sangat di terapkan oleh setiap siswa dalam masing-masing bidang usaha. Upaya ini dilakukan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan solidaritas siswa. Sehingga setiap kegiatan akan terus berlanjut secara berkesinambungan.

Saat ini, siswa – siswi YPU telah banyak menerima orderan catering, snack, dan minuman dawet ireng. Di berbagai acara pun disibukkan untuk tampil menyanyi dan menari. Menjadi inspiratordi berbagai kalangan muda berbagai daerah, sekolah dan komunitas. Sehinnga dalam proses kewirausahaan ini siswa YPU 40% sudah membiayai operasional sehari-hari.

Tentunya proses ini juga mempersiapkan generasi muda dari anak panti asuhan dan keluarga kurang mampu siap menghadapi dunia nyata. Dengan semangat yang menggelora siswa-siswi YPU telah membuktikan dan melakukannya.

Add your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *