SISTEM BELAJAR HOMESCHOOLING DI YPU

SISTEM BELAJAR HOMESCHOOLING DI YPU

Yayasan Prima Unggul menerapkan sistem Homeschooling bagi seluruh siswa. sistem belajar ini, menghadirkan para Tutor dan Guru dari dalam maupun dari luar YPU untuk mendukung siswa YPU dalam proses pembelajaran. Siswa YPU menerapkan 2 kurikulum dalam pembelajarannya yaitu kurikulum nasional dan kurikulum kewirausahaan. Hal ini karena Yayasan Prima Unggul merupakan Sekolah Berbasis Kewirausahaan. Jam pelajaran di mulai dari jam 08.00-17.00,

Siswa YPU belajar mandiri menggunakan metode belajar kelompok. Pembentukan kelompok dilakukan untuk mempermudah dalam belajar. Dalam satu kelompok belajar terdiri dari 4-5 orang dengan satu koordinator. Koordinator kelompok akan mengikuti pertemuan antarkoordinator untuk menentukan materi yang akan di pelajari dan Tutor yang akan mengajar. Tutor akan mengajar ketika dalam materi yang di pelajari siswa memperoleh kesulitan. Jadi, pada dasarnya Tutor hanya akan mengamati. Sistem belajar ini berlaku untuk SMP dan SMA. Sedangkan untuk TK dan SD, Tutor akan selalu mendampingi dalam proses belajar.

YPU juga bekerja sama dengan beberapa kampus seperti UNTAR, i3L, Kalbis Institute dan UBM. Kerja sama ini dilakukan untuk mengoptimalkan pengetahuan Siswa YPU. Kegiatan belajar yang dilakukan antara lain English Class, belajar Akuntansi dan belajar tentang operasi dasar komputer.

Siswa YPU juga belajar kewirausahaan. Dalam proses belajar ini, siswa YPU mengembangkan unit usaha sebagai praktek nyata kewirausahaan. Unit usaha yang sedang dikembangkan siswa YPU diantaranya Catering Lumbung Selera, Paduas Suara, Bimbel Prima, Cucian Motor dan Training Center. Seluruh kegiatan ini di kerjakan oleh siswa YPU, mulai dari produksi sampai marketing dan penjualan di tangani langsung oleh siswa YPU. Di sinilah proses belajar nyata di mulai.

Add your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *