Pisang Coklat
whatsapp-image-2018-05-18-at-10.41.46-400x248

Siswa YPU memiliki bakat yang beragam, salah satunya adalah memasak. Yayasan memberikan kesempatan pengembangan bakat kepada Siswa melalui kesempatan belajar produksi beragam masakan dan juga snack. Dari hasil belajar tersebut, Siswa didukung untuk membuka unit usaha baru catering “Lumbung Selera”. Catering yang dikelola oleh Siswa YPU sudah dimulai dari siswa angkatan pertama tahun 2011 dan semakin berkembang hingga sekarang. Menu yang disediakan beragam. Dengan unit usaha ini, Siswa semakin terlatih dan mereka memiliki pengalaman dengan dunia wirausaha. sehingga ketika keluar dari panti, siswa mempunyai keterampilan minimal bisa bertahan hidup tanpa bergantung lagi kepada orang lain.

Tampil di Park Mall Solo 1
Dian_Musical-14

Salah satu bakat Siswa yang dikembang YPU adalah dibagian Seni. Seluruh Siswa YPU yang berasal dari daerah memiliki bakat menyanyi, menari dan akting, hanya saja ketika di daerah, mereka hanya menyanyi biasa di gereja, pesta adat dan kegiatan daerah lainnya, lagi-lagi yang tidak ada adalah kesempatan untuk mengembangkan talenta tersebut. YPU melihat bakat-bakat Siswa sehingga bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memberi dukungan kepada Siswa, agar mereka mendapatkan pelatihan di bagian seni, sehingga bakat yang ada dapat dikembangkan menjadi sebuah ladang subur untuk memenuhi kehidupan mereka kelak. YPU bersama para mitra dan volunteer memberikan dukungan berupa pelatihan kepada Siswa sehingga mereka terampil dalam bernyanyi, menari dan akting.

Sejak berdirinya YPU pada tahun 2011, Siswa YPU telah  mengisi dan mengadakan berbagai acara seperti: Membawakan Drama pada pembukaan KTTP APEC di Bali pada 2011, Merilis CD Album perdana bertajuk “Menggapai Angan”, Mengadakan Drama Musikal, dan mengisi acara lainnya di berbagai kesempatan dan tempat. Paduan Suara YPU juga siap diundang untuk mengisi paduan suara dalam berbagai acara seperti: Pernikahan,acara ulang tahun, acara kerohanian, peresmian-peresmian dan acara lain. Semangat yang dihayati YPU dalam seni adalah “Totalitas”, berikan seratus persen maka kamu akan mendapatkan sertus persen pula.

TCE DI Asekma DB
TCE NVSS Singapore

Menjadi pribadi yang mandiri dan berdampak. Berangkat dari tujuan inilah siswa YPU ingin memulai tindakannya dengan berdampak yaitu melalui TRAINING CENTER ENTREPRENEURSHIP menginspirasi anak-anak panti asuhan dan anak-anak dari keluarga kurang mampu serta para pelajar Indonesia, sehingga dengan semangat Kami Bisa, Kamu Bisa. Siswa YPU mampu mengajak generasi muda lainnya untuk berjuang jika berani melakukan perubahan.

Training Center Entrepreneurship YPU mencoba meneguhkan dan memberitahukan cara dan langkah konkrit serta beragam peluang bagi para anak panti dan pelajar Indonesia untuk mewujudkan impian. Tidak hanya kepada anak, tujuan ini juga mengajak dan membuka wawasan para Guru dan Pendamping Generasi muda menerapkan semangat Entrepreneuship dalam proses pendidikan sehingga memotivasi para siswa menjadi generasi mandiri, pejuang dan kreatif.

Trainning Center Entrepreneurship YPU yang dimulai sejak tahun 2014 ini, sudah menginspirasi para remaja diberbagai sekolah di Jakarta maupun di daerah seperti Sumatera Utara, NTT dan Kalimantan.

WhatsApp Image 2019-05-31 at 10.32.41

Di ulang tahun Yayasan Prima Unggul (YPU) yang ke-8, Pak Martinus Mesarudi Gea (Pendiri YPU) meluncurkan sebuah buku dengan judul “Pendidikan Transformatif ala YPU”.  Buku ini berisi tentang tips-tips dan kisah nyata anak-anak Yayasan Prima Unggul selama berproses di Yayasan Prima Unggul.  Ada 5 semangat hidup yang ditanamkan oleh Pak Martinus Mesarudi Gea dalam proses transformatif anak-anak Yayasan Prima Unggul (YPU).  Diantaranya, melakukan sesuatu dengan tulus, tujuan yang jelas, dengan cara yang cerdas, dengan tindakan nyata dan totalitas.  Buku ini layak dibaca oleh para pendidik, terutama pengurus, pendamping sekolah-sekolah non formal dan para pemerhati pendidikan yang concern menginvestasikan hati dan cintanya pada pendidikan dan anak didiknya.  Dengan membeli buku ini anda telah turut mewujudkan impian anak-anak Yayasan Prima Unggul (YPU) untuk pengadaan lahan sebagai tempat tinggal dan pusat transformatif serta pelatihan-pelatihan

Go Green 2
Go Green

“Pemulung Profesional” Demikian Siswa YPU menyebutnya. Jika pemulung berpindah dari satu tongsampah ketongsampah lainnya, maka Siswa YPU melakukan  hal yang sama dengan cara yang berbeda yaitu, menitipkan kantong plastik di rumah-rumah mitra yang terdekat, untuk kemudian di isi dengan barang-barang  yang tidak terpakai lagi ,seperti : botol air mineral, koran, majalah dan barang lainnya. Tiga hari sekali kantong tersebut dikumpulkan oleh siswa untuk kemudian diolah menjadi berbagai  kerajinan yang memiliki harga lebih tinggi dibandingkan harga barang bekas. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Siswa yang memiliki bakat dalam kerajinan tangan, dan mereka menyebutnya dengan “ Go Green”, daur ulang sampah menjadikan barang bekas menjadi sebuah karya dan berguna untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Cucian Motor 1
Cucian Motor

Siswa YPU mengikuti proses belajar sama seperti Siswa pada umumnya, tetapi kesibukan sekolah dan belajar bukan menjadi penghambat semangat untuk berwirausaha, khusunya bagi Siswa yang berbakat dalam otomotif, unit usaha ini sebagai wadah bagi siswa untuk mengembangkan bakatnya sebelum membuka bengkel motor. Cucian motor yang dikelola siswa YPU berada di
Jln. Bangunan Barat Kayu Putih Jakarta Timur, cara unik dilakukan oleh Siswa untuk mengelola unit usaha ini agar selalu beroperasi. Siswa yang belajar di sore hari, maka mereka akan menjalankan unit usaha cucian motor dan sebaliknya bagi siswa yang belajar pagi, akan menjalankan unit usaha di sore hari. Banyak cara yang dilakukan oleh Siswa untuk menarik perhatian pelanggan, salah satunya adalah membuat kartu loyalitas. Yaitu kartu yang dibagikan kepada pengunjung cucian motor, kemudian kartu tersebut akan di tandatangani oleh siswa YPU setiap kali pengunjung mencuci motor mereka. Semakin sering mencuci motor dan kartunya di tanda tangani, maka Siswa YPU memberikan apresiasi berupa kesempatan mencicipi hasil catering YPU.